DPR Aceh Lama Lakukan Sejumlah Terobosan, APBA Tahun 2020 Tepat Waktu

0
402

Acehinspirasi.com- Banda Aceh- Ketua DPRA masa bhakti  2014-2019, Muhammad Sulaiman, mengatakan telah banyak melakukan berbagai terobosan terobasan mulai dari pengesahan undang undang hingga pembahasan anggaran. Diantaranya telah menetapkan sebanyak 50 qanun Aceh untuk menjadi landasan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan pada pelantikan DPRA periode 2019 -2024, di gedung DPRA , Senin (31/9/2019)

Selain itu  lanjutnya, DPR Aceh dan Pemerintah Aceh semenjak tahun 2008 sampai saat ini telah menyetujui bersama berbagai program dan kegiatan seperti jaminan kesehatan rakyat Aceh , beasiswa bagi anak yatim, pembagunan rumah dhuafa, beasiswa bantuan sosial, bantuan bantuan langsung, peningkatan ekonomi mantan kombantan dan menumbuh kembangkan sektor ekonomi makro serta mikro.

“Kami sebagai anggota dewan telah mencoba mencurahkan segenap pikiran tenaga dan waktu dalam mewujudkan fungsi pengawasan penganggaran dan legislasi,” ujarnya.

Selanjutnya dia berpesan agar lembaga Wali Nanggroe terus diperkuat karena merupakan manifestasi dari pengakuan dan penghormatan negara terhadap satuan satuan pemerintah daerah yang bersifat khusus dan istimewa.

Selanjutnya, ketua DPRA sementara Dahlan Jamaluddin,  mengatakan kami sebagai dewan yang baru dilantik dan di percaya oleh rakyat Aceh harus segera dipacu terutama dan yang paling utama segera membahas tata tertib dan membentuk alat kelengkapan dewan sesuai dengan peraturam pemerintah RI. No13/2018. Tentang pedoman penyusunan tata tertib dewan Perwakilan Rakyat Aceh kab/kota

“Kita tentunya sudah dihadapkan kepada tugas tugas berat , namun kami mendapat keringanan yaitu pembahasan APBA tahun 2020 telah tuntas dibahas. Dan ini merupakan kemenangan rakyat Aceh dan juga sejarah baru pengesahan APBA tepat waktu sesuai aturan.

“Saya sebagai ketua sementara mempunyai empat tugas pokok yang harus diselesaikan yaitu memimpin rapat rapat DPRA membentuk fraksi, merancang dan membahas tara tertib DPRA, dan memproses penetapan pimpinan DPRA dengan penuh tanggung jawab bersama wakil DPRA sementara H.Dalimi,” ungkapnya.

Sementara itu Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyampaikan terimakasih kepada seluruh rakyat Aceh yang telah menggunakan hak hak konstitusional dengan penuh tanggung jawab .

Kepada KIP Aceh, Panwaslih, Partai politik segenap partisipan caleg serta kepada unsur keamanan TNI/Polri yang telah bersama sama melaksanakan fungsi dan tugas dengan baik sehingga pesta demokrasi berjalan dengan lancar.

“Saya setuju dengan pesan anggota DPRA saat pengesahan APBA beberapa hari yang lalu, bahwa tidak ada makna pengesahan tepat waktu apabila realisasinya tidak tepat.
Untuk itu, kami bertekad untuk melaksanakan program dan kegiatan APBA 2020 secara cepat dan tepat,” paparnya

Plt Gubernur, mengatakan perlu dukungan semua dari anggota DPRA yang baru dilantik. Semoga pengesahan APBA selanjutnya berjalan sesuai dengan tahapan dan waktu yang ditentukan oleh ketentuan ketentuan perundang undangan.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Wali Nanggroe, para unsur Forkopimda Aceh, Ketua Pengadilan Tinggi / Tipikor Banda Aceh, plus unsur Forkopimda Aceh.(hen/ed/pri)