Mengenal Sosok Nazmi Desky, Mantan Prisma Udinus Semarang, Jadi Kalaksa Di BPBD Agar

0
99

Nazmi Desky, Kalaksa BPBD Aceh Tenggara

Kutacane.Acehinspirasi.com | Lahir di Kutacane 35 tahun yang lalu Sosok Nazmi Desky mantan Presiden Mahasiswa (Prisma) Universitas Udinus Semarang Jawa Tengah dilantik menjadi Kepala Pelaksa (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara kini menjadi buah bibir perbincangan di sejumlah kalangan di Agara.

Pasalnya, suami dari dr Aska Daulika Beruh dan ayah dari dua orang anak laki-laki yakni Rifat Al-Khalifi dan Raihan Al-Khalifi itu baru saja dilantik sebagai kepala pelaksa (Kalaksa) BPBD Depenitif di kabupaten Aceh Tenggara dan sekaligus juga menyandang predikat pejabat termuda di lingkungan dinas pemerintah kabupaten (Pemkab) Agara.

Hal tersebut disandang Nazmi Desky setelah dilakukannya pelantikan lima pejabat eselon ll pada lingkungan Pemkab Aceh Tenggara oleh Bupati setempat Raidin Pinim di Oproom Setdakab Agara pada Rabu (16/6/2021).

Nazmi Desky yang berdomisili di Desa Pedesi Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara itu diketahui mulai menggenyam pendidikan selama 6 tahun di Sekolah Dasar (SD) Negri 2 Biak Muli selanjutnya melanjutkan jenjang sekolah menengah pertama di SMP Negri 1 kutacane.

Kemudian untuk menempuh Sekolah Menengah Umum (SMU) Nazmi hizrah dari Agara selama tiga tahun ke Sumatera Utara dan mengenyam pendidikan di SMU Negri Plus Mata Uli Simbolga. Jiwa kepemimpinan seorang Nazmi Desky telah terlihat sejak Ia menjalani pendidikan SMP dan SMU dimana pada kala itu ia menjabat sebagai ketua OSIS di lingkungan sekolah tersebut.

Tidak mau terpaku sampai jenjang SMU saja kemudian Nazmi Desky melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi untuk meraih gelar S1 nya dan Universitas Udinus Semarang Jawa Tengah adalah tujuannya saat itu hingga ia mendapatkan gelar serjana S1 Sekolah Kesehatan Masyarakat (SKM). Merasa tak cukup dengan gelar S1 yang ia sandang, Nazmi Desky memutuskan untuk menempuh pendidikan S2 nya ke Sumatera Utara (Medan) di Universitas Medan Area atau lebih dikenal dengan sebutan UMA.

Sedikit menguak kembali risalah kepemimpinan Nazmi Desky saat ia melakoni perkuliahan di Universitas Udinus Semarang Jawa Tengah, dimasa itu ia pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa (Prisma) Badan Exsekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas tersebut. Bukan itu saja ia juga pernah menjabat sebagai ketua Bidang (Kabid) pada organisasi Himpunan Mahasiswa Indonesia(HMI) saat menjalani perkuliahan S2 di Universitas Medan Area saat itu.

Tahun 2004 adalah awal Nazmi Desky menjalani karir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), pasalnya pada tahun tersebut Nazmi resmi di kukuhkan sebagai ASN di lingkungan pemerintah kabupaten Aceh Tenggara dan ditugaskan sebagai Staf di Rumah Sakit Umum Daerah RSUD H Sahuddin Kutacane. Bertahun tahun bertugas di lingkungan RSUD. Nazmi Desky kemudian berpindah tempat tugas ke Puskesmas Lak Lak yang terletak di Kecamatan Ketambe Agara.

Nasib menjadi seorang pemimpin memang sepertinya sudah menjadi garis tangan Nazmi Desky, karirnya tiba tiba melejit bagaikan peluru roket yang ditembakkan. Bagaimana tidak atas kepindahan tugasan dirinya dari RSUD ke Puskesmas Nazmi dipanggil untuk menempati posisi Sekretaris di Bapeda Agara kemudian tak berselang lama ia di pangil kembali menjadi sekretaris BPBD kabupaten setempat dan selama itu ia juga pernah menjabat sebagai PLT di dinas Disperindagker dan Perkimtan Agara sebelum di pangil kembali menjabat sebagai PLT Kalaksa BPBD Agara dan hingga Akhirnya saat ini ia resmi menjabat sebagai kepala pelaksana yang definitif di BPBD kabupaten Aceh Tenggara.

“Dewasa ini saya menjabat sebagai kepala pelaksana di BPBD kabupaten Aceh Tenggara, hal ini sebenarnya jauh dari mimpi saya, Namun ini sudah garis tangan saya dan saya akan mengemban tugas baru ini dengan sungguh-sungguh serta sepenuh hati agar tugas yang menjadi kewajiban yang saya hemban di ridho Allah SWT”, tutur Nazmi Desky Anak kedua dari lima bersaudara itu.(yusuf)