Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket   Girl in a jacket
Nasional

Mewujudkan Pramuka Sebagai Wadah Pembentukan Karakter Mahasiswa Pepi

55
×

Mewujudkan Pramuka Sebagai Wadah Pembentukan Karakter Mahasiswa Pepi

Sebarkan artikel ini

Tangerang, Acehinspirasi.com, Gugus Depan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia telah sukses mengadakan orientasi pramuka secara virtual pada tanggal 13-15 september 2021.

Program kerja yang digelar setiap tahun sekali ini diikuti oleh seluruh mahasiwa baru pepi angkatan 3 sebanyak 72 mahasiswa, Rabu (15/09/2021).

Acara ini dibuka langsung secara virtual oleh ketua gugus depan dan juga sekaligus wakil direktur III kemahasiswaan pepi yaitu Dr. Andy Saryoko, Sp. Mp. mengatakan orientasi Kepramukaan merupakan salah satu cara untuk pembelajaran serta pembinaan mahasiswa, yang dimana selain bertujuan untuk mengetahui kegiatan pramuka akan tetapi juga dapat digunakan sebagai ajang untuk menumbuhkan sikap disiplin serta rasa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi, sehingga diharapkan dapat mencapai suatu tujuan terhadap mahasiswa sebagai mana mestinya.

Ketua panitia orientasi pramuka pepi juga menambahkan Kondisi pandemi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan, telah membuat banyak orang terkena masalah. begitu pula di lingkungan Gerakan Pramuka.

Banyak kegiatan yang dihentikan, termasuk kegiatan latihan tatap muka di gugusdepan Pramuka. Namun, kita tak boleh menyerah dan berputus asa mari kita ikuti protokol kesehatan dan jadikan pramuka sebagai garda terdepandalam masa pandemi ini,”kata Teuku Musrian.

Ada empat materi yang diberikan oleh kwarcab tangerang yaitu materi fundamental gerakan pramuka. Tapak dan jiwa pramuka penegak dan pandega, prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan dan juga materi terkait dengan dunia pertanian yaitu materi budidaya tanaman sansevira dan bonsai. sekaligus diisi oleh pengurus racana dengan materi pramuka pandega,pengenalan racana, pengenalan saka taruna bumi,keagamaan, problem solving lapangan, dan juga diisi oleh UKM Ksr PMI Pepi serpong yaitu tentang PPDG penanganan kebakaran dan bencana alam, lapangan tenda atau bangunan darurat.

iklan-bank-aceh