HAB Ke-76 Kemenag RI Di Pidie, Ini Harapan Wabup

0
121

Sigli, Acehinspirasi.com, l Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, S.T., menghadiri Upacara Hari Amal Bakti Ke-76 Kementerian Agama RI, yang berlangsung di halaman Kantor Kemenag Pidie, Senin, (03/01/2022).

Wabup dalam menyampaikan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Kementerian Agama tumbuh dan berkembang sebagai salah satu instansi pemerintah yang memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama, serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran.

Ia menyampaikan, Kementerian agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, yang memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, menjaga Pancasila, Konstitusi dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 persen pada tahun 2020 menjadi 83,92 persen pada tahun 2021.

Indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67.46 persen menjadi 72,39 persen pada tahun 2021. Sementara indeks kepuasan KUA meningkat pula dari angka 77,28 persen pada tahun 2019 menjadi 78,20 persen pada tahun 2021.

Lebih lanjut, Menteri Agama RI dalam sambutan yang dibacakan Wabup Pidie, bahwa di usia yang ke-76, Kementerian Agama harus terus berbenah, mempertahankan prestasi dan terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

Pada kesempatan itu, usai membaca sambutan Menag RI, Wabup mengatakan, perlunya sinergitas antar instansi yang bertanggungjawab atas pendidikan di Kabupaten Pidie.

“Pemkab Pidie mengharapkan kerjasama dan kerja keras dari Kemenag Pidie untuk meningkatkan mutu dan indeks pendidikan, karena indeks pendidikan sangat berpengaruh kepada indeks pembangunan manusia”, ujar Wabup.

Pada acara tersebut, Selain Kakan Kemenag Pidie, Drs. H. Abdullah AR, S.Ag, M.Ag yang mendampingi Wabup, turut juga unsur Forkopimda Pidie, Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem, S.Pd, M.Pd, para Pejabat serta Staf Kankemenag, para Kepala KUA Kankemenag Pidie, para Kepala Sekolah dan Guru dilingkungan Kankemenag Pidie.(AsNw)