Disbudpar Promosikan Produk Ekraf Aceh Hingga Wisata di Jakarta

0
46

Jakarta, Acehinspirasi.com,l Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mempromosikan berbagai produk ekonomi kreatif (ekraf) hingga destinasi wisata ke pengunjung Mall Transmart Cempaka Putih, Jakarta.

Kegiatan Aceh Tourism Roadshow tersebut akan berlangsung hingga Senin, 6 Juni 2022. Hal ini merupakan upaya Pemerintah Aceh untuk mengenalkan pariwisata serta produk lokal Aceh ke luar daerah.

Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin mengatakan, kegiatan ini bagian dari strategi untuk mengenalkan produk lokal dan destinasi wisata Aceh di ibu kota, Jakarta. Dipilahnya jakarta sebagai lokasi kegiatan dikarenakan positioning jakarta sebagai daerah utama kunjungan masyarakat indonesia bahkan mancanegara untuk urusan bisnis dan lainnya, apalagi saat ini sedang berlangsung Event Formula E yang digadang sebagai event bertaraf internasional sehingga akan menghadirkan para penggemarnya dari seluruh dunia.

Pihaknya yakin lewat kegiatan seperti ini akan memberikan dampak bagi industri ekonomi kreatif untuk bisa mengembangkan produknya serta meningkatkan daya beli. Kemudian menggairahkan kembali pelaku industri pariwisata untuk menarik minat warga Jakarta.

“Kegiatan ini bagian dari promosi industri kreatif aceh dan destinasi wisata Aceh di Jakarta,” kata Jamaluddin, Sabtu, 4 Juni 2022.

Dalam kegiatan itu, Disbudpar Aceh mempromosikan produk lokal seperti tas, dompet, peci khas Aceh, sal Karawang Gayo, kain hiasan dinding Karawang Gayo, bakal baju, selendang, masker dan lain-lain tentunya semua produk dengan motif tradisional Aceh.

Kemudian ada Aceh information booth yang memberikan kemudahan informasi bagi pengunjung agar mengetahui berbagai hal jika berkunjung ke Aceh.

“Lalu ada reaktivasi pariwisata untuk memberikan gambaran suasana terkini terkait spot dan hal hal yang bisa dilakukan selama berwisata di Aceh,” kata Jamaluddin.

Selain itu pihaknya juga mempromosikan inai sebagai salah satu tradisi yang unik dikalangan masyarakat terutama wanita. Pengunjung juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan inai secara gratis oleh Puji Sulfani yang merupakan seniman seni kreasi Henna.

Tidak ketinggalan pengunjung juga bisa mencoba menggunakan baju adat Aceh selama roadshow berlangsung. Pakaian adat itu khusus dibawa oleh panitia untuk dikenalkan ke pengunjung.

Kegiatan Aceh Tourism Roadshow 2022 ini merupakan kali ketiga digelar yang sebelumnya di Kota Medan, Yogyakarta dan kali ini di Jakarta.

Jamaluddin berharap warga Jakarta tidak perlu ragu untuk berkunjung ke Aceh, selain menawarkan potensi wisata yang indah, wisatawan juga bakal disajikan dengan ragam budaya dan kuliner.

“Kita mengharapkan warga Jakarta untuk mau berkunjung ke Aceh untuk menikmati destinasi wisatanya dan kulinernya. InsyaAllah Aceh aman untuk dikunjungi,” ucapnya.[]