Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Kadisbudpar Aceh Ajak Berwisata Sejarah ke Makam Teuku Umar, Ini Alasannya

102
×

Kadisbudpar Aceh Ajak Berwisata Sejarah ke Makam Teuku Umar, Ini Alasannya

Sebarkan artikel ini

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengikuti upacara ziarah memperingati syahidnya Teuku Umar, Sabtu, (11/02/2023), di Desa Mugo, Kabupaten Panton Reu, Aceh Barat. Foto: Istimewa

Meulaboh, Acehinspirasi.com l Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengajak seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Aceh Barat untuk merawat makam pahlawan nasional, Teuku Umar Johan Pahlawan.

Pernyataan itu disampaikan Almuniza usai mengikuti upacara ziarah memperingati syahidnya Teuku Umar di Desa Mugo, Kabupaten Panton Reu, Aceh Barat, Sabtu, 11 Februari 2023. Acara ini diselenggarakan oleh Pemkab Aceh Barat.

“Pemerintah provinsi tahun 2021 sudah menggelontorkan dana sekitar Rp 3 miliar untuk membangun (merevitalisasi) akses ke sini (objek wisata sejarah makam Teuku Umar. Saya harap para budayawan, pegiat wisata dan sejarah, serta masyarakat di Aceh Barat terus menjaga kelestariannya,” ujar Almuniza.

Berdasarkan catatan Disbudpar Aceh tahun 2022, di Aceh Barat ada 26 cagar budaya dan total objek wisata sebanyak 35 spot.

Oleh karena itu, Almuniza menilai kota kelahiran Teuku Umar ini memiliki banyak potensi untuk menarik minat kunjungan wisatawan. Apalagi, pada tahun 2021 Pemerintah Aceh telah menggelontorkan dana sekitar Rp 3,5 miliar untuk merevitalisasi objek wisata religi dan bersejarah itu.

“Banyak potensi yang bisa digarap di sini. Teman-teman bisa membuat atraksi (budaya dan pariwisata), salah satunya kegiatan seperti ini, haul, bisa dimaksimalkan agar wisatawan datang ke sini. Ayo berwisata di salah satu cagar budaya unggulan di Aceh Barat ini,” pungkasnya.