Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Literasi Digital Ajarkan Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital di SMA Aceh Besar

260
×

Literasi Digital Ajarkan Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital di SMA Aceh Besar

Sebarkan artikel ini

Webinar Literasi Digital di Aceh. Foto: Istimewa.

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Rangkaian webinar literasi digital di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh akan kembali bergulir. Pada Selasa (4/4) pukul 10.00-12.00 WIB, akan dilangsungkan Webinar bertajuk tema “Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital”.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan SMA di Kabupaten Aceh Besar diantaranya SMA Fajar Hidayah, SMA IT Awja, SMA IT Dayah Mulia, SMAN Modal Bangsa, SMAN 1 Krueng Barona Jaya, dan SMAIT Al-Arabiyah dengan melibatkan para siswa sebagai audiensnya.

Kegiatan yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal Tahun 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya.

Namun, penggunaan internet tersebut membawa berbagai risiko, karena itu peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 menunjukkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari 5,00.

iklan-bank-aceh