Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Pj Sekda Aceh Minta Kabupaten/Kota Percepat Program Pompanisasi di Lahan Pertanian Kering

61
×

Pj Sekda Aceh Minta Kabupaten/Kota Percepat Program Pompanisasi di Lahan Pertanian Kering

Sebarkan artikel ini

Sekda Aceh Azwardi membuka acara Percepatan Penyelesaian Kegiatan Optimasi Lahan Rawa, Pompanisasi dan Tumpang Sisip Padi Gogo di ruang serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Senin 1 Juli 2024. ( Foto: Humas Aceh).

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Azwardi, meminta Kepala Dinas yang membidangi pertanian di seluruh kabupaten/kota untuk mempercepat pemasangan pompanisasi yang telah diberikan oleh Kementerian Pertanian.

Berdasarkan data yang ia miliki, realisasi pemasangan alat pompanisasi di lahan pertanian yang mengalami kekeringan saat ini masih rendah.

“Hal ini perlu menjadi perhatian kita semua, sebab kondisi perubahan iklim global menyebabkan el nino yang membuat produksi pertanian menurun dan harga naik,” kata Azwardi saat membuka Rakor percepatan kegiatan optimasi lahab rawa, pompanisasi dan tusip padi gogo, di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Senin, (1/7/2024).

Azwardi menyebutkan, kegiatan pompanisasi dengan target 40.748 hektar baru terealisasi 14.105 hektar, yang mana baru memenuhi 34,62 persen dari target.

Selain pompanisasi, kata Azwardi, dalam rangka meningkatkan produksi pertanian, Kementerian Pertanian pada tahun ini juga memfasilitasi program optimasi lahan rawa dan tumpang sisip padi gogo di Aceh.

“Pemerintah Aceh tentu menyambut baik program ini, karena sangat sejalan dengan cita-cita pemerintah Provinsi Aceh, untuk menjadikan Aceh tetap bertahan sebagai lumbung pangan nasional,” kata Azwardi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Cut Huzaimah, mengatakan, berdasarkan peninjauan ke lapangan di beberapa daerah masih ditemukan pompa yang belum terpasang dan masih di rumah kelompok tani atau di gudang.