Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Aceh

Disdik Asesmen Kepala SMA/SMK dan SLB se Aceh, Begini Kata Kepala Sekolah

91
×

Disdik Asesmen Kepala SMA/SMK dan SLB se Aceh, Begini Kata Kepala Sekolah

Sebarkan artikel ini

Sementara itu Muksalmina menambahkan, asesmen yang diikuti oleh kepala sekolah negeri dari seluruh Aceh ini berlangsung selama sehari dengan persentase kehadiran mencapai 95 persen.

“Yang tidak bisa hadir sudah melapor ke kita, karena memang ada halangan yang tidak bisa ditinggalkan,” kata Muksalmina.

Menurut Muksalmina, asesmen ini dilakukan atas kesukarelaan dan tidak ada paksaan dari Dinas Pendidikan Aceh.

“Karena asesmen ini bertujuan untuk pemetaan potensi, bukan tujuan yang lain. Makanya kita juga melakukan tes psikologi untuk memetakan kematangan emosional kepala sekolah,” kata Muksal.

Begini Kata Kepala Sekolah

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Peureulak Kabupaten Aceh Timur Fauzi, mengaku senang dengan adanya asesmen seperti ini. Menurutnya, asesmen ini dapat merefresh kembali keilmuan dan pengetahuan mereka dalam memanajerial sekolah sebagai seorang pemimpin.

“Bagi saya ini cukup bagus dalam rangka evaluasi diri, sejauh mana kemampuan kita selama ini dalam mengelola sekolah. Saya mengapresiasi ini,” katanya.

Fauzi yang telah menjabat 12 tahun sebagai kepala sekolah ini mengaku baru kali ini ada asesmen yang dilakukan untuk kepala sekolah, karena itu dia sangat bersemangat untuk mengikutinya, dan tidak ada keberatan apapun yang mereka alami.

Program seperti ini, menurut Fauzi perlu dilakukan secara berkelanjutan oleh Dinas Pendidikan Aceh (Disdik Aceh) agar pihaknya selaku pimpinan sekolah dapat berkaca dan mengevaluasi diri atas potensi dan kelemahan yang dimiliki.

“Terimakasih pada Disdik Aceh yang telah melakukan asesmen ini, dan kami sangat terbantu dengan adanya asesmen ini sehingga membuka mata kami terhadap potensi diri yang kami miliki,” tutupnya.