Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Aceh Ramadhan Festival Segera Digelar, Ini Tanggal dan Lokasinya

175
×

Aceh Ramadhan Festival Segera Digelar, Ini Tanggal dan Lokasinya

Sebarkan artikel ini

Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal. Foto: Istimewa.

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Event tahunan Aceh Ramadhan Festival (Famfest) segera hadir menyapa para penikmatnya. Event yang menginjak tahun ke-5 penyelenggaraannya ini akan digelar pada tanggal 9 April hingga 13 April 2023 di Kota Banda Aceh.

Mengangkat tema “Perjalanan Spiritual di Serambi Mekkah”, Aceh Ramfest 2023 ini akan dipusatkan di kawasan Masjid Raya Baiturrahman.

Kegiatan yang digagas Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) ini juga sebagai bentuk kampanye menyongsong Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII yang akan dihelat pada Agustus mendatang.
 
Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal menuturkan bahwa tahun ini, Aceh Ramadhan Festival akan bertransformasi menjadi sebuah event religi yang sangat khas dan menggambarkan citra Aceh sebagai Serambi Mekkah.

“Rangkaian Aceh Ramfest tahun ini lebih menitikberatkan pada berbagai pengalaman, kajian keagamaan dan pelestarian tradisi dan budaya yang melekat pada bulan Ramadhan, sehingga diharapkan menjadi daya tarik wisatawan nusantara dan mancanegara,” ujar Almuniza di Banda Aceh, Senin, 3 April 2023.

Selama lima hari pelaksanaannya, kata Almuniza, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak guna menyemarakkan festival yang telah dinobatkan sebagai salah satu event terbaik nasional dan masuk ke dalam Top 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Aceh Ramadhan Festival tahun ini akan diselenggarakan secara kolaboratif. Kami akan berkolaborasi dengan UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Pemkot Banda Aceh, dan Kemenparekraf RI, serta juga sudah meminta arahan atau nasihat dengan MPU Aceh untuk kesuksesan Ramfest 2023,” ucapnya.