Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Daerah

Masyarakat Aceh Tenggara Dibekali Edukasi Pendidikan Politik

144
×

Masyarakat Aceh Tenggara Dibekali Edukasi Pendidikan Politik

Sebarkan artikel ini

Acara sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat di Oproom Setdakab (dok Acehinspirasi.com / Yusuf)

Kutacane . Acehinspirasi.com |Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Tenggara melakukan pelatihan sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat di kabupaten setempat.

Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan pada empat tahap dan tahap pertama sudah dimulai sejak hari Senin, 10 Juli 2023. Kemudian, nanti kegiatan itu akan berlanjut ke Tahap dua, tiga dan empat, hingga batas waktu pada Bulan Oktober 2023 mendatang.

Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Syahroel Desky mengatakan, kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih untuk menggunakan hak pilih secara maksimal dan meningkatkan edukasi bagi pemilih sebelum memberikan hak suara pada Pemilu/Pilkada serentak Tahun 2024.

“Sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat untuk tahap pertama dilaksanakan bagi warga di empat kecamatan yakni, kecamatan Lawe Bulan, Babussalam, Bambel dan Deleng Pokhkisen, ” kata Syahroel kepada Acehinspirasi.com, di ruangannya pada Rabu, 12 Juli 2023.

Menurut Syahroel, hal tersebut dilaksanakan dalam rangka menyukseskan Pemilu/Pilkada serentak 2024. Peserta yang mengikuti pelatihan pendidikan politik itu diikuti dari berbagai elemen kalangan masyarakat diantaranya, dari unsur tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan pemilih pemula yang berasal dari kecamatan masing-masing.

Syahroel mengatakan, untuk memberikan edukasi pendidikan politik, dalam kegiatan itu pihak Kesbangpol melibatkan beberapa unsur sebagai pemateri yaitu, pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP), Panwaslih, Kejaksaan dan Kepolisian Setempat.