Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Daerah

Peringatan Tahun Baru 1445 Hijriah Momentum Introspeksi

76
×

Peringatan Tahun Baru 1445 Hijriah Momentum Introspeksi

Sebarkan artikel ini

Peristiwa hijrah bukan hanya ditujukkan kepada Rasulullah saw dan umat Islam pada masa Rasulullah saja. Tetapi, juga merupakan perintah kepada setiap muslim dimanapun berada. Hijrah yang berarti pindah, yaitu berpindah untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari yang kurang baik, pindah secara fisik atau tempat, serta hijrah qalbiyah yaitu pindah hati atau perubahan sikap mental.

Khalifah Umar bin Khattab r.a, pernah mengucapkan kalimat yang sangat populer untuk menjadi renungan umat Islam, “Hitunglah diri kalian sendiri sebelum kalian dihitung pada hari kiamat dan timbanglah amal kalian di dunia ini sebelum nanti ditimbang pada hari kiamat. Sesungguhnya kalian akan merasa ringan dengan bermuhasabah pada hari ini untuk menghadapi hisab kelak. Dan berhiaslah kalian (dengan amal saleh) untuk menghadapi hari pameran agung. Pada hari itu perbuatan kalian akan ditampilkan tidak ada yang tersembunyi sedikitpun.”

“Karena itu, selaku orang beriman, mari kita berhenti sejenak untuk menghitung diri, menimbang amal-amal yang telah kita perbuat pada tahun yang lalu dan memperbaiki serta menambah amal kebijakan pada hari-hari tahun baru hijriah ini,” harap Mustafa Kamil.

Seorang muslim menghitung kembali hablum minallah ibadah kita dengan Khalik yang harus menjadi perhatian dan dihitung oleh setiap orang beriman dari amal saleh dirinya sendiri pada tahun lalu, apakah ia termasuk orang yang dapat berbahagia karena telah mengisi dengan ketaatan di setiap hari, bulan ke bulan, dan pada setiap amal ibadah tahun yang lalu.