Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Daerah

Peringatan Tahun Baru 1445 Hijriah Momentum Introspeksi

103
×

Peringatan Tahun Baru 1445 Hijriah Momentum Introspeksi

Sebarkan artikel ini

Aceh Besar, Acehinspirasi.com l Peringatan tahun baru 1445 hijriah adalah momentum yang tepat melakukan introspeksi atau bermuhasabah terhadap amalan pribadi, keluarga, dan amal sosial kemasyarakatan. Saatnya juga umat Islam mengevaluasi kembali, apakah dirinya telah memberikan yang terbaik untuk keluarga dan masyarakat atau masih banyak yang kurang.

“Sudahkah kita membawa masuk cahaya iman ke dalam rumah bersama keluarga menuju ketaatan kepada Allah Swt,” kata Plt mantan Camat Kecamatan Lembah Seulawah Aceh Besar, Tgk H Mustafa Kamil SH, yang akan disampaikan dalam khutbah Jumat di Masjid Besar Al Ittihadiyah, Kecamatan Seulimeum, 21 Juli 2023 bertepatan dengan 3 Muharram 1445 H.

Dia menjelaskan, umat Islam baru saja meninggalkan bulan Dzulhijjah tahun 1444 hijriah, yang merupakan bulan terakhir tahun Hijriah, sekarang telah memasuki bulan baru dan tahun baru hijriah, yakni bulan Muharram 1445 H.

Oleh karenanya, dia mengajak menghitung diri, introspeksi diri atas semua amalan yang telah dilakukan selama satu tahun lalu, sehingga menjadi pijakan dan acuan dalam melaksanakan amalan-amalan pada tahun baru hijriah ini.

Dia menjelaskan, perhitungan tahun baru Islam ditetapkan oleh Khalifah Umar bin Khattab, yang dipopulerkan dengan tahun hijriah, karena tahun pertama ditetapkan sejak hijrah Rasulullah saw dari kota Mekkah ke kota Madinah pada tahun 622 masehi, 1.301 tahun yang lalu atau menurut hitungan tahun hijriah, 1445 tahun lalu.

Umar bin Khattab r.a memilih peristiwa hijrah Rasulullah dari Mekkah ke Madinah adalah merupakan momentum yang paling tepat untuk dijadikan awal tahun Islam. Karena, peristiwa hijrah Rasul mengandung makna yang amat dalam dan arti yang sangat penting bagi umat Islam dan umat manusia pada umumnya.

iklan-bank-aceh