Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Aceh

Kapolda Aceh sebut di Aceh 1699 Pengungsi Rohingya, 7 Kasus Perdagangan Manusia dan Menahan 16 Tersangka

106
×

Kapolda Aceh sebut di Aceh 1699 Pengungsi Rohingya, 7 Kasus Perdagangan Manusia dan Menahan 16 Tersangka

Sebarkan artikel ini

Kapolda Aceh, Irjen Achmad Kartiko dalam konferensi pers akhir tahun 2023 bersama sejumlah Wartawan, Rabu (28/12/2023) di Aula Presisi, Polda Aceh, Banda Aceh. (Foto: Acehinspirasi.compri)

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Kapolda Aceh, Irjen Achmad Kartiko, SIK.MH mengatakan, saat ini di Aceh ada 1699 pengungsi Rohingya yang tersebar di delapan kamp penampungan hingga akhir tahun 2023 ini.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Aceh, Irjen Achmad Kartiko dalam konferensi pers akhir tahun 2023 bersama sejumlah wartawan, baik cetak, elektronik dan media onlen, Rabu (28/12/2023) di Aula Presisi, Polda Aceh, Banda Aceh.

Selanjutnya dia katakan, pihak Polda Aceh akan terus menyelidiki kasus Rohingya perdagangan manusia ini.

Dia juga menyebutkan saat sekarang ini Polda Aceh sedang menangani 7 kasus perdagangan manusia dan telah menahan 16 orang tersangka. Dan pihak Polda Aceh akan terus meningkatkan eksistensi untuk menyelesaikan gangguan Kamtibmas dan persoalan Rohingya.

Selanjutnya dia juga katakan berdasarkan Perpres bahwa Indonesia dapat menerima pengungsi dalam kondisi darurat, misal mati mesin kapal atau habis BBM di laut,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan ada modus yang sengaja merusak mesin kapal yang ditumpangi Rohingya, sehingga mereka harus mendarat di Aceh.

Namun ia menilai, terkait Rohingya yang terus masuk ke Indonesia, karena ditolak di Malaysia dan Thailand tidak cuma persoalan kemanusiaan, namun ada indikator upaya penyelundupan manusia yang sengaja dimobilisasi, karena para pengungsi umumnya memiliki kartu sebagai pengungsi, anehnya tidak semua dari Rohingya, ada yang punya paspor dari Banglades.