Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Tiga Kiat Hidup Bahagia: Syukur, Sabar, dan Bertobat

162
×

Tiga Kiat Hidup Bahagia: Syukur, Sabar, dan Bertobat

Sebarkan artikel ini

Ustaz Aiyub Rusli dari Pesantren Dar Maryam Samahani.

Jantho, Acehinspirasi.com l Dalam menjalani kehidupan, setiap Muslim diingatkan untuk memperhatikan tiga kiat hidup bahagia, yaitu bersyukur terhadap nikmat, sabar menghadapi cobaan, dan bertobat atas kesalahan.

Ustaz Aiyub Rusli dari Pesantren Dar Maryam Samahani akan mengulas hal ini dalam Khutbah Jumat di Masjid Baitul Maqdis, Seuot, Kecamatan Indrapuri, pada 23 Februari 2024, bersamaan dengan 13 Sya’ban 1445 H.

Menurut Ustaz Aiyub, sikap syukur terhadap nikmat Allah adalah kunci kebahagiaan, baik dalam suka maupun duka. Ciri-ciri orang bersyukur melibatkan rasa tunduk kepada pemberi nikmat, cinta terhadap yang memberi nikmat, dan penggunaan nikmat tersebut sesuai dengan kehendak pemberi nikmat.

Dalam konteks ujian hidup, Ustaz Aiyub menekankan pentingnya kesabaran, bukan hanya dalam menghindari rasa sakit atau kesulitan, tetapi juga dalam mempertahankan hati lapang dan tawakal kepada Allah. Sebagaimana disampaikan oleh Nabi Muhammad saw, “Sabar itu pada awal musibah.”

Kiat hidup bahagia yang ketiga adalah bertobat atas kesalahan. Ustaz Aiyub menyarankan untuk tidak malu kembali kepada Allah dengan tulus saat melakukan kesalahan.

Bertobat dengan sungguh-sungguh membawa kedekatan dengan-Nya dan ketenangan jiwa.

Allah Swt mengingatkan agar tidak berputus asa dari rahmat-Nya, sebagaimana disampaikan dalam QS Az-Zumar: 53. Ustaz Aiyub berharap tiga kiat hidup bahagia ini menjadi bahan refleksi dan introspeksi bagi umat Islam, memungkinkan mereka menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

iklan-bank-aceh