Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Pj Sekda Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 di Aceh

58
×

Pj Sekda Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 di Aceh

Sebarkan artikel ini

Penjabat Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi AP, M.Si., menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024,di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Aceh, Kamis (25/4/2024. Foto: Humas Aceh).

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Azwardi, memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 di Aceh yang digelar di halaman Kantor Gubernur, Kamis, (25/4/2024).

Upacara tersebut dihadiri unsur Forkopimda Aceh dan para pimpinan instansi vertikal. Sementara dari unsur Pemerintah Aceh diikuti seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dan pejabat struktural eselon 3 dan 4 di lingkungan Sekretariat Daerah Aceh.

Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2024 mengusung tema: β€œ Otonomi
Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Pj Sekda Aceh, Azwardi, saat membacakan arahan Menteri Dalam Negeri mengatakan, otonomi daerah dirancang untuk dua tujuan utama, yaitu, tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

Azwardi mengatakan, dari segi tujuan kesejahteraan, pembagian urusan pemerintahan menjadi urusan yang dapat dikelola bersama antara Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, menuntut Pemerintah Daerah untuk mampu mengartikulasikan kepentingan masyarakat.

“Pemerintah daerah mengimplementasikan kepentingan masyarakat ke dalam tata kelola pemerintahan yang lebih partisipatif, transparan dan akuntabel serta responsif,” kata Azwardi.

Sementara dari segi tujuan demokrasi,
kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society. Proses demokrasi di tingkat lokal dibuktikan melalui penyelenggaraan pemilihan kepala daerah secara langsung.

iklan-bank-aceh