Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Isa Alima: Budaya Musyawarah di Kalangan Tokoh Politik Aceh Mulai Terabaikan

101
×

Isa Alima: Budaya Musyawarah di Kalangan Tokoh Politik Aceh Mulai Terabaikan

Sebarkan artikel ini

Ketua DPD Brigade Serdadu (BAS) Aceh, Drs. Isa Alima yang juga mantan Anggota DPRK Pidie.

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Sebagai daerah yang kaya dengan tradisi dan budaya, memiliki sejarah panjang dalam mengedepankan musyawarah sebagai metode utama dalam pengambilan keputusan politik.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ini terdapat indikasi bahwa Nilai-nilai musyawarah mulai terpinggirkan di kalangan tokoh politik Aceh,’katanya melalui rilis yang dikirim kepada media ini, Kamis (23/5/2024) kemarin.

Selanjutnya dalam rilisnya itu ia juga menyebutkan, bahwa musyawarah tersebut telah menjadi bagian integral dari sistem politik dan sosial Aceh, sejak zaman kesultanan.

Prinsip ini tercermin dalam konsep “meusyawarah mupakat,” yang menekankan pentingnya dialog dan konsensus dalam pengambilan keputusan,”ungkapnya.

Tokoh publik Aceh Isa Alima, menghimbau kepada para elit politik dan tokoh terkemuka di Aceh, untuk mengedepankan sikap sejuk dan netral dalam menyikapi berbagai persoalan, khususnya menjelang Pilkada Serentak 2024.

Menurut Isa, pernyataan yang disampaikan oleh para pemimpin elit politik, sebenarnya harus bersikap tenang, sekalipun situasi kurang mendukung.

Hal ini penting mengingat sejarah konflik internal di Aceh yang sering kali dipicu oleh ketegangan politik dan perbedaan perspektif antar kelompok, ini disebabkan oleh kurangnya musyawarah.

Menurutnya lagi, menekankan, bahwa dengan mengedepankan dialog yang konstruktif dan berfokus pada kepentingan bersama, bukan memihak kepada satu kelompok, para elit politik dapat membantu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Aceh.

iklan-bank-aceh