Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Manfaatkan Lahan Kosong, Pj Bupati Muhammad Iswanto Budidaya Cabe Intensif Pekarangan Meuligoe

53
×

Manfaatkan Lahan Kosong, Pj Bupati Muhammad Iswanto Budidaya Cabe Intensif Pekarangan Meuligoe

Sebarkan artikel ini

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bersama Kadistan Jakfar SP menanam 2.500 bibit cabe intensif secara demplot di lahan kosong Meuligoe Bupati di Kota Jantho, Jumat (5/7/2024) sore. (Foto: Distan Aceh Besar/Dok Acehinspirasi)

Kota Jantho, Acehinspirasi.com l Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP memanfaatkan lahan kosong di Pekarangan Meuligoe, untuk budidaya 2.500 cabe secara intensif.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar SP MSi kepada Media Center Aceh Besar, Sabtu (06/07/2024).

“Benar, Pak Pj memanfaatkan lahan kosong di Meuligoe Bupati Aceh Besar di Kota Jantho, menanam 2.500 batang cabe intensif,” katanya.

Penanaman cabe tersebut dilakukan secara demplot atau Demontration Plot, yaitu suatu metode membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Aceh Besar Agus Rizal, SP mengatakan dengan adanya demplot cabai ini, dapat menumbuhkan cluster-cluster baru dalam membudidayakan tanaman cabai, dengan harapan produksi tanaman cabai.

“Budidaya cabe dapat mengurangi ketergantungan pada pemasukan cabai dari luar dan dampak lainnya juga bisa menekan harga cabai, seperti yang diketahui cabai ini seringkali mengalami kenaikan harga sehingga memicu tingkat inflasi,” katanya.

Ia juga mengatakan tanaman cabai lebih mudah jika dibandingkan dengan tanaman sayur-sayuran, tanaman cabai ini sering terkendala dengan serangan hama dan jamur apalagi disaat musim hujan.