Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Daerah

Gelar Pawai 1 Muharram 1445 H, Lantunan Salawat Bergema di Bumi Seribu Bukit

138
×

Gelar Pawai 1 Muharram 1445 H, Lantunan Salawat Bergema di Bumi Seribu Bukit

Sebarkan artikel ini

Penjabat Bupati Gayo Lues, Alhudri, saat melepas perserta pawai. (Foto: Istimewa)

Blang Jejeren, Acehinspirasi.com l Lantunan salawat mengiringi Pawai 1 Muharram 1445 Hijriah yang diadakan Blangkejeren, Gayo Lues. Pawai ini diikuti oleh sejumlah murid dan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah di daerah itu.

“Tahun baru ini, insya Allah memberikan semua kebaikan kepada kita sebagaimana Allah menjanjikan keselamatan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw berserta seluruh sahabat dan keluarga beliau” kata Penjabat Bupati Gayo Lues, Alhudri, saat melepas perserta pawai dari Halaman, 19 Juli 2023.

Pawai Muharram itu dimulai dari halaman Balai Musara yang berada persis di seberang Pendopo Bupati Gayo Lues. Sejak pukul 8.00 WIB, peserta pawai mulai berkumpul dan mempersiapkan sejumlah pernak-pernik untuk mereka pamerkan di sepanjang jalan yang dilintasi dengan berjalan kaki.

Petugas kepolisian dan satuan polisi pamong praja juga terlihat berjaga-jaga sejak pagi hari untuk memastikan lalu lintas di Ibu Kota Gayo Lues itu tetap lancar selama pawai berlangsung. Sejumlah warga kota juga terlihat menanti kehadiran peserta pawai melintasi mereka.

“Hijriah bukan sekadar penanggalan dalam kalender Islam. 1 Muharram adalah titik penting perjalanan umat manusia dari alam kegelapan menuju alam penuh ilmu pengetahuan. Iktibar dari sejarah itu yang harus selalu kita pegang agar tahun ini benar-benar menjadikan kita pribadi lebih baik dari sebelumnya,” kata Alhudri.