Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Pj Bupati Mahdi: RPJPD Aceh Barat Harus Sejalan Arahan Nasional

70
×

Pj Bupati Mahdi: RPJPD Aceh Barat Harus Sejalan Arahan Nasional

Sebarkan artikel ini

Pj Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi, membuka secara resmi Musrenbang RPJPD tahun 2025-2045 dan RKPD tahun 2025, Kamis (28/03/2024) | Foto: Ist.

Meulaboh, Acehinspirasi.com l Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Aceh Barat tahun 2025-2045 haruslah sejalan dengan arahan nasional, namun juga tak keluar dari koridor umum isu pembangunan daerah, seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Peningkatan Kesehatan dan pengembangan sektor pendidikan.

Hal itu diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi, ketika membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 yang telah memasuki tahapan baru, Kamis (28/03/2024).

Menurut Mahdi, perjalanan pembangunan Kabupaten Aceh Barat dalam dua dekade terakhir, sejak 2005 hingga 2025, telah melalui berbagai tantangan mulai dari tsunami tahun 2005 hingga peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Peningkatan kesehatan dan pendidikan menjadi fokus utama dalam pembangunan.

Dikatakan Mahdi, penyusunan RPJPD Kabupaten Aceh Barat harus sejalan dengan arahan nasional dan memperhatikan sinergi antara Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat untuk menyamakan arah kebijakan dan visi pembangunan.

“Diharapkan agar RPJPD ini dapat mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dengan tujuan mencapai target Indonesia Emas,” ujarnya.

iklan-bank-aceh