Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Persentase Kelulusan SNBP 2024, Siswa Aceh Capai 42,12 Persen

96
×

Persentase Kelulusan SNBP 2024, Siswa Aceh Capai 42,12 Persen

Sebarkan artikel ini

Rekapitulasi Tracer Study Siswa Jenjang SMA/SMK untuk Lulusan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun Ajaran 2022 – 2023 dan 2023 – 2024. (Foto: Ist).

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Prestasi gemilang diraih oleh pelajar Aceh pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024. Data terbaru menunjukkan bahwa persentase kelulusan siswa Aceh dalam SNBP mencapai puncak tertinggi sebesar 42,12 persen.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, menyampaikan kegembiraannya atas prestasi ini. “Alhamdulillah Pencapaian ini menunjukkan keseriusan siswa, para guru, kepala sekolah dan pemangku kepentingan pendidikan di Aceh untuk meningkatkan Kualitas”,” kata Alhudri, Jumat, 29 Maret 2024.

Menurut Alhudri, jika dilakukan perbandingan pada tahun ajaran sebelumnya, jumlah siswa Aceh yang terdaftar SNBP mencapai 16.456 dengan kelulusan 6.888 atau 41,86 persen. Sedangkan pada tahun ini, dari 17.095 siswa yang mendaftar, 7.200 diantaranya berhasil Lulus. Ini menandakan adanya kenaikan persentase kelulusan siswa Aceh ke PTN melalui jalur SNBP.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa dengan prestasi ini menegaskan bahwa kemampuan siswa Aceh tidak kalah dengan siswa dari daerah lain.

“Kami tidak pernah meragukan kemampuan anak didik kita. Mereka memiliki kemampuan yang tidak kalah hebat dari anak dari daerah lain,” ungkapnya.

Dengan capaian kelulusan ini, menempatkannya Aceh di peringkat atas dibandingkan dengan provinsi lain. Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara mengalami persentase kelulusan di bawah Aceh, dengan Jawa Timur dan Jawa Tengah menunjukkan angka yang jauh lebih rendah.

iklan-bank-aceh