Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Waduk Keuliling Krisis Debit, Hanya Dukung Suplai Air untuk 600 Hektar

238
×

Waduk Keuliling Krisis Debit, Hanya Dukung Suplai Air untuk 600 Hektar

Sebarkan artikel ini

Waduk Keuliling di Gampong Kreweung Krueng, Kemukiman Lam Leuot, Kecamatan Kuta Coglie, Aceh Besar. (Foto: Ist).

Prediksi Jangkauan Wilayah Pelayanan Kuta Cot Glie dan Indrapuri

Kota Jantho, Acehinspirasi.com l Debit air waduk keuliling di Gampong Kreweung Krueng Kemukiman Lam Leuot Kecamatan Kuta Coglie, Aceh Besar, sejak beberapa waktu terakhir, dalam kondisi krisis debit.

Bahkan untuk mendukung suplai air ke areal persawahan di sekitarnya, tidak optimal sesuai dengan akumulasi areal yang diekspektasikan sejak awal.

Hal itu terungkap dalam rapat terbatas lintas OPD dengan Camat Indrapuri serta Camat Kuta Cotglie, Minggu (31/03/2024) menjelang siang.

Adapun jajaran OPD Aceh Besar yang terlibat adalah, Kadis Pertanian Jakfar SP, Kadis PUPR Ir Syahrial dan Kadis Pangan Alyadi SPi MM. Juga hadir Kabag Ekonomi Darwan Asrizal SE MT, Camat Indrapuri Irda Junaidi dan Camat Kuta Cotglie Zulkifli.

“Saat ini kondisi debit air waduk keuliling secara umum di bawah batas maksimal, hingga perannya untuk suplai air irigasi seluas 600 hektar lebih juga tidak tercapai,” kata Jakfar yang memimpin rapat tersebut.

Menurut Jakfar, prediksi luas areal yang dilayani oleh ‘tumpahan’ air dari dam Waduk Keuliling mencapai 600 hektar lebih, dengan lokasi di 13 Gampong yang tersebar dalam wilayah Kecamatan Kuta Cot Glie dan Indrapuri.

“Namun sebagian dari luasan areal itu memakai sistem pompanisasi, karena gagal tercover dengan suplai air dari Waduk Keuliling.

Sistem pompanisasi oleh beberapa kelompok tani itu telah berlangsung beberapa tahun terakhir,” sebut Jafar dan diakui oleh Kadis PUPR Aceh Besar Ir Syahrial.