Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Aliansi Masyarakat Pulau Banyak Menyayangkan Masih Maraknya Perburuan Penyu

195
×

Aliansi Masyarakat Pulau Banyak Menyayangkan Masih Maraknya Perburuan Penyu

Sebarkan artikel ini

Ketua.Aliansi.Masyarakat.Pulau.Banyak Aceh.Singkil, Mas Dolar. (Foto: Istimewa).

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Tim Satuan tugas search and rescue (SAR) dan Kepolisian Sektor (Polsek) Pulau Banyak berhasil menggagalkan perburuan penyu secara ilegal di Pulau Palambak, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil, pada Sabtu (29/6/2024).

Aksi heroik ini telah menarik perhatian masyarakat, termasuk Aliansi Masyarakat Singkil di Banda Aceh yang menyayangkan masih tingginya perburuan penyu di kawasan tersebut.

Seorang anggota aliansi dan warga asli Singkil, Mas Dolar, yang berdomisili di Banda Aceh, menyampaikan keprihatinannya.

“Berita ini sangat melegakan dan membanggakan. Saya sebagai warga Singkil merasa sangat bangga atas keberhasilan tim SAR dan Polsek Pulau Banyak dalam menggagalkan perburuan ini.

Penyu merupakan salah satu kekayaan alam yang harus kita jaga bersama, tapi kenyataanya penyu terus diburu dan semakin terancam,” ujarnya saat ditemui oleh tim wartawan.

Dia berharap pihak berwenang terus meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum terhadap para pelaku perburuan ilegal.

“Keberhasilan tersebut harus menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dalam melindungi satwa yang terancam punah, seperti penyu,” ucapnya

Namun, dia menyebut kekhawatirannya terhadap lemahnya pengelolaan dan pengawasan yang dilakukan oleh BKSDA Aceh.

Dia menilai giat pengelolaan dan pengawasan yang dilakukan BKSDA Aceh sangat lemah, sehingga kejadian perburuan penyu ini terus berulang sepanjang tahun.

Dari dulu kita hanya mendengar saja tentang konservasi penyu, berita tingginya perburuan dan giat penegakan hukum, tetapi tidak ada solusi jangka panjang yang jelas,” paparnya.