Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Mellani Subarni Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi Aceh

50
×

Mellani Subarni Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi Aceh

Sebarkan artikel ini

Penjabat Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi AP, M.Si., atas nama PJ Gubernur Aceh melakukan Pengukuhan Mellani Subarni sebagai Bunda Literasi Aceh, di Aula Gedung Pelayanan Perputakaan Aceh, Rabu (10/7/2024). Foto: Humas Aceh

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Penjabat ( Pj) Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi, atas nama Penjabat Gubernur Aceh, resmi mengukuhkan Mellani Subarni sebagai Bunda Literasi Aceh Tahun 2024, Rabu, 10 Juli 2024. Acara pengukuhan ini berlangsung di Gedung Perpustakaan Wilayah di Banda Aceh.

Dalam sambutan tertulis Penjabat Gubernur Aceh yang dibacakan Azwardi, menekankan pentingnya literasi, sebagai kunci utama untuk membangun bangsa yang cerdas dan berkarakter.

Menurut Mellani, literasi membuka pintu kemajuan, memberdayakan individu untuk kehidupan yang lebih baik, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memperkaya budaya.

Selain itu juga untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi, sebagai salah satu fokus utama pemerintah, termasuk di Aceh.

Namun, tingkat literasi masyarakat Indonesia disebut masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara maju. Berdasarkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tahun 2023 yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional RI, skor IPLM Indonesia adalah 69,42 dari skala 0-100, menempatkan Indonesia di urutan ke-62 dari 70 negara.

Penjabat Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi AP, M.Si., Bunda Literasi Aceh, Mellani Subarni dan Pj Ketua DWP Aceh, Nurmaziah, mendapat kartu anggota Perputakaan Wilayah Aceh yang diserahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Arpus) Aceh, Edi Yandra, di Aula Gedung Pelayanan Perputakaan Aceh, Rabu (10/7/2024). Foto: Humas Aceh.