Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Nasional

Jejak Ahmad Dofiri, Pimpin Pemecatan Ferdy Sambo Kini Irwasum Polri

80
×

Jejak Ahmad Dofiri, Pimpin Pemecatan Ferdy Sambo Kini Irwasum Polri

Sebarkan artikel ini

Komjen Ahmad Dofiri dimutasi jadi Irwasum Polri. Ristu Hanafi/detikcom

Jakarta, Acehinspirasi.com l Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap sejumlah Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) di Korps Bhayangkara.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/498/II/KEP/2023 tertanggal 26 Februari 2023 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. Dalam surat mutasi itu, Kabaintelkam Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri menduduki jabatan baru sebagai Irwasum Polri.

Posisi Irwasum terakhir diisi oleh Komjen Pol Agung Budi Martoyo yang kini ditunjuk menjadi Pati Itwasum Polri dalam rangka pensiun. Sementara Kabaintelkam yang baru diisi oleh Irjen Pol Wahyu Widada yang sebelumnya mengisi jabatan As SDM Kapolri.

Ahmad Dofiri merupakan lulusan Akademi Polisi (Akpol) pada tahun 1989 dengan meraih predikat lulusan terbaik atau Adhi Makayasa di angkatannya.

Jabatan awal pria kelahiran Indramayu, 4 Juni 1967 ini merupakan Kanit Resintel Polsekta Tangerang tahun 1990. Kemudian ia menjabat Kassubag Jabpamentil Bagian SDM Polri pada tahun 2005.

Tahun 2009, Dofiri menjabat sebagai Wakapolwiltabes Bandung. Pada tahun yang sama, Dofiri menjadi Kapoltabes Yogyakarta.

Ia pernah menjabat sebagai Karobinkar SSDM Polri pada tahun 2014 lalu. Kemudian, pada tahun 2016, Dofiri sebagai polisi nomor satu alias Kapolda di Provinsi Banten.

Dofiri kemudian ditarik bertugas di Mabes Polri. Dofiri pun menjabat sebagai Karosunluhkum Divkum Polri.

Nama Dofiri belakangan ini ikut disorot publik karena tergabung dalam tim khusus (Timsus) yang mengungkap kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang dilakukan oleh mantan Kadiv Propam Mabes Polri Ferdy Sambo.

iklan-bank-aceh