Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Daerah

Marak Penipuan Via Medsos, Bank Aceh Himbau Nasabah Waspada

149
×

Marak Penipuan Via Medsos, Bank Aceh Himbau Nasabah Waspada

Sebarkan artikel ini

Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan, Said Zainal Arifin. Foto: Istimewa

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Penipuan mengatasnamakan bank sering terjadi dengan berbagai modus. Ini merupakan kriminalitas yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab demi mendapatkan keuntungan pribadi.

Selain berpura-pura sebagai pegawai bank dan meminta informasi pribadi nasabah untuk mendapatkan akses ke rekening tabungan, modus yang dilakukan pun terus berubah.

“Modus penipuan di zaman yang serba digital ini semakin beragam. Yang terbaru adalah modus penipuan dengan alasan mereka keberatan lalu kirim link instagram palsu melalui aplikasi pesan singkat,” ujar Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan, Said Zainal Arifin, Jumat (28/04/2023).

Dikatakan, melalui modus tersebut, nantinya pelaku meminta untuk menghapus postingan. Sekali calon korban mengklik link tersebut, maka data pribadi mereka akan segera dicuri oleh pelaku.

Ditambahkan Said, saat ini modus penipuan juga telah menggunakan sejumlah modus melalui kanal whatsapp maupun aplikasi pengiriman pesan singkat beserta suara yang mempunyai kemampuan berbagi gambar atau foto, video, dokumen, lokasi, dan jenis format media lainnya.

“Pelaku menggunakan sejumlah media untuk meyakinkan calon korban seperti undangan nikah digital, foto paket, bukti transfer, tagihan internet, link lowongan pekerjaan dan surat tilang yang lazim menggunakan format APK,” ujar Said.

Dikatakan, APK Android Package Kit atau APK adalah format file yang digunakan untuk menghimpun berbagai elemen guna memasang aplikasi pada Android.