Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Daerah

Peran Penting Polisi Lalu Lintas Hadir di Tengah Masyarakat

139
×

Peran Penting Polisi Lalu Lintas Hadir di Tengah Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Oleh: Dirlantas Polda Aceh Kombes M. Iqbal Alqudusy, S.H., S.I.K

Polisi merupakan salah satu pilar negara sebagai pelaksana fungsi pemerintahan di bidang keamanan. Dalam melaksanakan tujuan negara, polisi senantiasa berada di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan, perlindungan, serta penegakkan hukum.

Kehadiran polisi pengemban fungsi kamtibmas di tengah-tengah masyarakat adalah suatu keniscayaan yang harus dilakukan sebagai alat untuk merubah dan mendinamiskan keadaan sosial. Hal itu agar masyarakat dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan sosialnya secara aman tanpa ada gangguan.

Bila dilihat secara organisasi, polisi terdiri dari pelbagai fungsi, salah satunya adalah lalu lintas. Personelnya dikenal dengan sebutan Polantas. Secara tugas pokok dan fungsi (tupoksi), Polantas identik dengan tugas-tugas di jalan raya dan administrasi lalu lintas.

Selama ini, sebagian masyarakat mengetahui bahwa Polantas hanya melakukan penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas di jalan raya. Padahal lebih dari itu. Polantas siap hadir dan mengawal kegiatan masyarakat yang membutuhkan.

Namun, sejalan dengan perkembangan dan program organisasi, saat ini dikenal dengan program Polri Presisi peran Polantas makin besar. Kehadiran dan peran pentingnya di tengah-tengah masyarakat juga sudah sangat dibutuhkan.

Peran penting Polantas di tengah masyarakat yang sangat menyentuh adalah dengan adanya program Saweu Sikula, Program ini khusus menargetkan para pelajar dan guru. Pelajar diingatkan untuk tertib berlalu lintas, sedangkan para guru diajak agar memainkan perannya untuk terus mengingatkan siswa-siswinya agar selalu patuh pada aturan lalu lintas.

iklan-bank-aceh