Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Aceh

Membaca Politik Panglima Sofyan Dawood

187
×

Membaca Politik Panglima Sofyan Dawood

Sebarkan artikel ini

Oleh: Risman Rachman

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Sofyan Dawood, begitu nama lengkapnya. Mantan Panglima Wilayah Pasee yang pernah populer sebagai Jubir GAM itu akhirnya bersedia masuk ke dunia politik.

PDI Perjuangan (PDI P) sukses menyakinkan sosok propagandis GAM itu untuk bersedia menjadi caleg DPR RI.

Sebagai partai besar yang sudah dua periode menguasai parlemen dan mengantar kadernya menjadi presiden Indonesia, PDI P memang belum memiliki sosok pejuang rakyat kecil untuk menyuarakan kepentingan Aceh, di parlemen.

“PDI P bersedia menerima proposal politik yang saya tawarkan. Saya mau, jika saya terpilih seluruh kekuatan fraksi PDI P di Senayan harus bersedia membantu apa yang dibutuhkan rakyat Aceh,” sebut sosok yang lebih suka disapa Bang Yan.

Sebagaimana diketahui, selama ini PDI P tidak punya kader tangguh dari Aceh yang duduk di Senayan. Terakhir, hanya ada satu wakil Aceh dari PDI P yang duduk di DPR RI yaitu Tagore Abubakar pada Pemilu 2014.

Tidak hanya oleh kalangan keluarga besar KPA dan PA, dukungan juga datang dari keluarga besar PNA yang dinakhodai oleh Irwandi Yusuf. Bahkan, di Aceh Tenggara, kader lintas partai lainnya juga ada yang ikut mendukung Sofyan Dawood. Semua berkumpul di kantor PNA untuk mensukseskan agenda kerja pemenangan Sofyan Dawood di Aceh Tenggara.

Itu artinya, kesediaan Sofyan Dawood untuk masuk ke parlemen memang mendapat dukungan luas, tidak hanya dukungan dari internal PDI P semata tapi juga mendapat dukungan dari berbagai kalangan, termasuk dari komunitas Nias dan Batak.