Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

884 SiSWA SMA/SMK Banda Aceh dan Aceh Besar Lulus di Terima Berbagai PTN Jalur SNBP

157
×

884 SiSWA SMA/SMK Banda Aceh dan Aceh Besar Lulus di Terima Berbagai PTN Jalur SNBP

Sebarkan artikel ini

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh-Aceh Besar, Syarwan Joni, S.Pd., M.Pd. (Foto: Ist)

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Sebanyak 884 pelajar SMA dan SMK Banda Aceh dan Aceh Besar lulus ke berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia,

Informasi itu disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh-Aceh Besar, Syarwan Joni, S.Pd., M.Pd., Senin (01/4/2024) sore.

Menurut Syarwan, ke 884 pelajar tersebut dinyatakan lulus ke PTN melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Hal ini sesuai dengan hasil pengumuman yang diterbitkan Kemendikbud Ristek pada Selasa 26 Maret 2023 pukul 15.00 WIB, secara serentak seluruh Indonesia, melalui portal SNPMB.

“884 siswa SMA dan SMK dari Banda Aceh dan Aceh Besar telah dipastikan lulus diterima sebagai calon mahasiswa baru di berbagai PTN melalui jalur SNBP. Para siswa tersebut terdiri 582 siswa Banda Aceh, dan 302 siswa dari Aceh Besar,” kata Syarwan.

Meningkat dari tahun sebelumnya.

Syarwan menjelaskan, lulusan tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, Kota Banda Aceh tahun sebelumnya 380 meningkat 582 atau 53,02 persen.

Begitupun juga halnya dengan Kabupaten Aceh Besar yang juga terjadi peningkatan dari 218 meningkat 302 atau 38,5 persen. Sehingga jika ditotalkan peningkatan jumlah lulusan tahun lalu dibandingkan tahun ini dari 598 menjadi 884 atau setara 47,8 persen.

Gambar Data/Grafik

Syarwan mengungkapkan, dari data yang diterimanya, tahun ini selain meningkat jumlah lulusan, sebaran PTN yang diterima lebih baik dibanding tahun lalu, 71 persen siswa diterima di Universitas Syiah Kuala di berbagai program studi, sisanya tersebar di Universitas Negeri di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

iklan-bank-aceh