Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Dorong Kemajuan, Perkebunan Sawit dan Masyarakat Saling Membutuhkan

131
×

Dorong Kemajuan, Perkebunan Sawit dan Masyarakat Saling Membutuhkan

Sebarkan artikel ini

Diakhir Silahturahmi Ramadhan buka Puasa Bersama anak perusahaan Astra Agro Area Aceh foto bersama sejumlah Wartawan, Senin (01/04/2024) di Banda Seafood, Banda Aceh. Foto: Ist.

Banda Aceh, Acehinspirasi.com l Perkebunan kelapa sawit sebagai perkebunan padat karya, dinilai berkontribusi menyerap tenaga kerja dan menumbuhkan ekonomi nasional, bagaimana tidak, kelapa sawit selalu menjadi primadona karena salah satu penyumbang terbesar devisa negara Indonesia.

“Industri kelapa sawit saat ini mampu menyerap kurang lebih 16,2 juta tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung, tentunya dengan ketersediaan lapangan kerja ini dapat meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, kesehatan, dan juga mengurangi kantong-kantong kemiskinan” jelas Dr. Ismadi, S.P.,M.Si, Ketua Jurusan Budidaya Pertanian, Universitas Malikussaleh, saat menghadiri Silahturahmi Ramadhan anak perusahaan Astra Agro Area Aceh bersama Media di Banda Aceh, Senin (01/04/24).

Aceh sendiri, lanjut Ismadi saat ini memiliki 565,135ha lahan kelapa sawit dan diperkirakan telah menyerap 578ribu tenaga kerja. Daerah dengan perkebunan kelapa sawit memiliki penurunan tingkat kemiskinan yang lebih signifikan dibandingkan dengan daerah lain, salah satunya di Aceh.

Tak hanya itu, pria yang juga menjabat sebagai Koordinator wilayah Aceh pada Organisasi Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) ini menyebutkan bahwa kelapa sawit adalah tanaman penghasil minyak nabati paling efisien dibandingkan dengan tanaman pengasil minyak nabati lain. Padahal secara luasan lahan, area kebun sawit jauh lebih kecil dibandingkan lahan komoditi penghasil minyak nabati lainnya.

iklan-bank-aceh