Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Kesehatan

BP PAUD dan Dikmas Provinsi Aceh Gelar Peningkatan Kompetensi Pamong Belajar Satuan Pendidikan Non Formal

189
×

BP PAUD dan Dikmas Provinsi Aceh Gelar Peningkatan Kompetensi Pamong Belajar Satuan Pendidikan Non Formal

Sebarkan artikel ini

Aceh Besar – Acehinspirssi.com – Ada banyak program pendidikan nonformal dan informal yang sekarang ini diselenggarakan baik oleh PKBM, LSM, SKB dan lembaga-lembaga lainnya.

Program- program tersebut secara garis besar dapat dikelompokkan dalam program pendidikan anak usia dini, life skills, kesetaraan, keaksaraan, dan gender.

Dari masing-masing kelompok program tersebut, banyak terdapat program-program seperti dalam program kesetaraan ada program Kejar Paket A, Paket B, dan Paket C serta memungkinkan akan muncul program lebih lanjut melalui program inovasi lainnya.

Pada program PAUD terdapat program Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak dan Tempat Pendidikan Al-Quran serta program lain yang mendukung program PAUD.

Kegiatan-kegiatan tersebut di atas perlu dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nonformal dan informal.

Dalam hal ini Pamong Belajar sesuai dengan tugas pokoknya mempunyai fungsi mengembangkan model-model pembelajaran pendidikan nonformal dan informal.

Untuk itu, kompetensi pamong belajar harus bisa memenuhi tuntutan tersebut, sebagaimana tertuang dalam SK Mendikbud No. 023/O/1997, tugas Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) adalah melakukan pembuatan percontohan dan pengendalian mutu program pendidikan nonformal dan informal.

Sementara itu, hasil evalusi penyelenggaraan pelayanan program pendidikan nonformal dan informal di SKB menunjukkan bahwa program-program yang diselenggarakan belum memenuhi persyaratan mutu, kurang inovatif dalam penyelengaraan program sehingga program yang seharusnya menjadi percontohan masih jauh dari yang diharapkan.