Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
DaerahNasional

Presiden Iran Ebrahim Raisi Temui Jokowi Hari Ini

102
×

Presiden Iran Ebrahim Raisi Temui Jokowi Hari Ini

Sebarkan artikel ini

Presiden Iran Seyed Ebrahim Raisi akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Selasa (23/5). (AFP/ATTA KENARE)

Jakarta, Acehinspirasi.com l Presiden Iran Seyed Ebrahim Raisi akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Selasa (23/5).
Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Jakarta menyampaikan rencana kunjungan Raisi dalam pernyataan resmi.

“Yang Mulia Dr. Seyed Ebrahim Raisi, Presiden Republik Islam Iran, atas undangan resmi dari Yang Mulia Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, akan melakukan kunjungan ke Jakarta pada tanggal 23 hingga 24 Mei 2023,” demikian pernyataan Kedubes Iran yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (22/5).

Kunjungan ini bertujuan mempererat kerja sama kedua negara yang sudah terjalin sejak 1950. Menurut Kedubes Iran, hubungan Jakarta dan Teheran semakin ‘mesra’ dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam lawatan ini, Raisi dan Jokowi dilaporkan akan bertukar pandangan soal berbagai isu. Kedua presiden juga disebut bakal menandatangani sejumlah kerja sama di bidang energi, produk farmasi kesehatan, produk makanan, budaya, kerja sama kepabeanan, hingga perdagangan.

Selain bertemu Jokowi, Raisi juga akan bertemu Ketua DPR dan Ketua MPR. Ia juga bakal ramah-tamah dengan para cendekiawan, pemikir, dosen, mahasiswa hingga pelaku usaha di Indonesia.

Sebagai negara mayoritas Muslim, Indonesia, di mata Iran, memiliki kesamaan budaya dan peradaban. Selain itu, RI punya kapasitas yang signifikan untuk diajak kerja sama di berbagai bidang di tengah konflik yang melanda sistem perpolitikan internasional.

iklan-bank-aceh