Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Daerah

Pilah Sampah, Tangkal Musibah

128
×

Pilah Sampah, Tangkal Musibah

Sebarkan artikel ini

Bank sampah menjadi salah satu solusi yang dekat dengan warga dan diharapkan bisa mengurangi timbulan sampah dari rumah tangga. Bank sampah yang bergerak dari dan untuk masyarakat diharapkan memiliki dampak yang signifikan terhadap pengelolaan sampah di Indonesia.

Namun demikian, keberadaan bank sampah tidak serta merta mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat. Pengelola bank sampah sempat dipandang sebelah mata seperti yang dialami Nurul dan kawan-kawan di Bank Sampah Generasi Milenial (Basagemil) di Lampuuk, Aceh Besar.

β€œBanyak warga yang memandang sebelah mata saat awal terbangunnya bank sampah ini. Mereka menolak bank sampah didirikan di sekitar pemukiman warga. Mereka menganggap bank sampah hanya menimbulkan tumpukan sampah seperti tempat pembuangan akhir,” ujar Nurul.

Namun dengan semangat dan motivasi kuat untuk kontribusi pada kebersihan kampung dan lokasi wisata pantai di kampungnya, Nurul dan kelompok Basagemil mampu mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah dari rumah.

Motivasi yang kuat dari anggota bank sampah untuk lingkungan yang lebih asri, adalah bahan bakar utama bagi operasional bank sampah agar tetap eksis di masyarakat. Adanya kegigihan dari masyarakat yang mulai peduli menjadi pertanda pengelolaan sampah di Indonesia menuju titik terang.

Penimbangan sampah oleh karyawan dan bank sampah dalam Aksi Sedekah Sampah Bersama (SESAMA) yang diadakan oleh PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Senin, 5 Juni 2023

Peran bank sampah tidak terbatas pada pengelolaan sampah saja, tapi sangat penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap pengelolaan sampah. Pegiat bank sampah harus mampu merangkul dan memberikan contoh yang baik, agar masyarakat lebih peduli dan mau mulai menabung sampah.