Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Nasional

Ke Depan FFWI Dirancang Menjadi Film Bergengsi Tingkat ASEAN

93
×

Ke Depan FFWI Dirancang Menjadi Film Bergengsi Tingkat ASEAN

Sebarkan artikel ini

Presiden Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023, Wina Armada Sukardi. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Acehinspirasi.com l Presiden Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023, Wina Armada Sukardi, menyebut, setelah mapan pada tingkat nasional, FFWI di masa depan bakal dirancang akan menjadi festival film bergengsi di tingkat ASEAN.

Hal tersebut dipaparkannya dalam rapat khusus koordinasi persiapan penjurian FFWI di Hotel Novotel Cikini, Jakarta, Rabu, (23/08/2023).

Menurut kritikus film tersebut, rancangan itu tentu dilaksanakan secara bertahap. Pertama, FFWI bakal dijadikan ajek lebih dahulu. Caranya dengan memperbaiki berbagai kekurangan yang masih ada.

Setelah itu, ke depan akan dimulai dengan penilaian dan memberi penghargaan juga terhadap film-film ASEAN, dan seterusnya. “Maksudnya, menjadikan FFWI sebagai festival film bergengsi di ASEAN. Ide ini sebagai bagian dari meletakan sinema Indonesia di peta perfilman internasional,” kata wartawan senior ini.

Wina menyadari, langkah tersebut sangat tidak mudah. “Namun para wartawan kebudayaan dan film Indonesia yakin, cita-cita baik yang diperjuangkan bakal dapat terwujud,” ujar pakar hukum pers dan advokat ini.

Wina menunjuk Festival Film Asia Pasifik (FFAP) yang digagasan wartawan dan tokoh perfilman Usmar Ismail bersama Djamaludin Malik, sebagai contoh konkrit. Kala itu FFAP cuma khayalan dan angan-angan belaka, tetapi akhirnya jadi kenyataan.

Memperjelas Perbedaan

Dalam rapat khusus ini dibahas kejelasan apa saja yang jadi pembeda penilaian dalam FFWI dibandingkan dengan festival film lainnya. FFWI tidak ingin sekadar hadir, namun tak beda dengan berbagai festival film yang ada di tanah air.

iklan-bank-aceh