Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Aceh

Pemkab Aceh Besar Berlakukan Siaga Darurat Bencana Kekeringan

25
×

Pemkab Aceh Besar Berlakukan Siaga Darurat Bencana Kekeringan

Sebarkan artikel ini

Pemkab Aceh Besar melalui BPBD mendirikan Posko Siaga Darurat di Kantor Camat. (Foto: Istimewa).

BPBD Dirikan Posko Siaga Darurat di Kantor Camat Lhoknga

Kota Jantho, Acehinspirasi.com l Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar memberlakukan status Siaga Darurat Bencana Kekeringan di Aceh Besar khususnya Kecamatan Lhoknga.

Penetapan itu dilakukan setelah melalui proses rangkaian rapat gabungan, yang melibatkan lintas instansi hingga jajaran legislatif Aceh Besar.

“Kita mau penanganan kekurangan air bersih akibat terdampak kekeringan di Kecamatan Lhoknga dilakukan secara konprehensive, baik penangann jangka pendek hingga upaya berkelanjutan.

Kita telah membahas melalui rangkaian rapat yang melibatkan legislatif, hingga lahir keputusan penetapan Siaga Darurat Bencana,” kata Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, Senin (08.07/2024) petang ini.

Menurut Iswanto, penetapan itu juga untuk memaksimalkan penanganan terdampak kekeringan, serta juga akan ditangani secara lebih terukur, dan melibatkan personil dari instansi terkait lebih maksimal.

Termasuk membuat sebuah skema operasional yang lebih teratur dan terukur hingga tidak malah terkesan tumpang tindih. Karena semuanya akan diatur melalui sebuah Posko yang tugasnya mengatur secara terukur operasional penanganan.

“Kita telah instruksikan pendirian Posko itu, dan alhamdulillah telah dioperasionalkan di Kantor Camat Lhoknga,” tutur Iswanto, yang juga telah beberapa kali turun langsung meninjau lokasi terdampak kekeringan, termasuk ikut membagikan air di lokasi.