Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Daerah

Selamat! Ini Pemenang Sayembara Maskot PKA-8

195
×

Selamat! Ini Pemenang Sayembara Maskot PKA-8

Sebarkan artikel ini

Makna di Balik Maskot “Meriam Lada Sicupak

Kisah delegasi Kerajaan Aceh yang melaksanakan misi diplomasi dengan membawa hadiah berupa komoditas unggulan yaitu lada ke Kerajaan Turki di abad ke-16 menjadi inspirasi desainer maskot PKA-8.

Maskot yang memakai nama “Meriam Lada Sicupak” ini diharapkan menjadi pengingat kemashyuran kisah perwakilan Aceh yang dengan berbagai kendala namun tetap kokoh menyampaikan amanah yang diemban, sehingga berbuah manis dengan dihadiahkannya meriam ole Kerajaan Turki, yang kemudian sangat besar peranannya dalam melawan gangguan Portugis.

Meriam Lada Sicupak menyimbolkan kisah kegigihan, ketabahan, kesabaran, kemampuan beradaptasi, keberanian, kecakapan berdiplomasi, keikhlasan, dan kesetiaan pada tujuan dan berprasangka baik pada usaha yang baik, yang kesemuanya diharapkan dapat melekat pada kepribadian masyarakat Aceh sekarang dan seterusnya.

Meriam Lada Sicupak juga merupakan bukti otentik perjalanan komoditas unggulan rempah Aceh berupa lada serta rempah lainnya yang telah mengarungi dunia dan sangat mewakili semangat
“Rempahkan Bumi Pulihkan Dunia” atau kata lain dengan komoditas unggulan lokal, menjadi modal perbaikan secara global.

Maskot ini memakai bentuk meriam dengan ornamen yang telah disederhanakan dan dibalut dengan kain berwarna kuning dan emas sebagai tanda kejayaan. Warna hitam sebagai ketegasan serta elegan, merah sebagai keberanian dan kepahlawanan, hijau sebagai warna islami dan kesejahteraan serta kemakmuran, dan putih sebagai tanda kemurnian.