Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Aceh

Di Desa Wisata Nusa, Pj Walkot Padang Panjang Ingin Tiru Pengelolaan Kebudayaan Aceh

107
×

Di Desa Wisata Nusa, Pj Walkot Padang Panjang Ingin Tiru Pengelolaan Kebudayaan Aceh

Sebarkan artikel ini

Kunjungan rombongan dari Sumbar dipimpin langsung Pj Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, tokoh adat dan satuan kerja perangkat daerah. Kunjungan diterima langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh di Desa Wisata Nusa, Kecamatan Lhoknga Aceh Besar, Kamis, 23 November 2023. (Foto: Istimewa)

Aceh Besar, Acehinspirasi.com l Efek perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 membawa dampak terhadap kunjungan wisatawan. Teranyar, rombongan Pemkot Padang Panjang dari Sumatera Barat (Sumbar) tiba di Aceh untuk studi tiru terhadap pengelolaan budaya dan wisata berbasis masyarakat.

Rombongan dari Sumbar itu dipimpin langsung Pj Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra. Dia tak datang sendiri, melainkan turut memboyong tokoh adat dan satuan kerja perangkat daerah.

Kunjungan mereka diterima langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh di Desa Wisata Nusa, Kecamatan Lhoknga Aceh Besar, Kamis, 23 November 2023. Hadir juga tuan rumah, perangkat desa dan pengurus Lembaga Pariwisata Nusa (LPN).

Dalam kunjungan itu, Sonny dan rombongan sangat antusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan yang disuguhkan warga setempat. Rombongan disambut tarian peumulia jamee dan dijamu kuliner tradisional buatan emak-emak di desa setempat.

Desa Wisata Nusa merupakan peraih penghargaan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 dan juara pertama Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dalam pertemuan itu, Sekretaris Disbudpar Aceh, Cut Nurmarita menjelaskan kepada Pj Wali Kota Padang Panjang bahwa Nusa merupakan salah satu desa di Aceh yang terus bergerak mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat