Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
AcehParlementaria

Pilpres dan Pileg 2024; antara Idealisme dan Harga Diri

391
×

Pilpres dan Pileg 2024; antara Idealisme dan Harga Diri

Sebarkan artikel ini

Penulis Oleh: Dr. Sabirin, S.Sos.I., M.Si

Menghitung jam dan menit, tanggal 14 Februari 2024 segenap rakyat Indonesia akan mengikuti Pesta Demokrasi, dimana rakyat berdaulat atas suaranya guna menentukan pemimpin bangsa, baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk 5 tahun yang akan datang (2024-2029).

Momentum ini menjadi teramat sangat penting sebagai bagian dari pelibatan segenap anak bangsa untuk berpartisipasi dalam memajukan Bangsa-nya, melalui pelimpahan amanah dari rakyat kepada calon pemimpinnya.

Kepemimpinan yang dilahirkan dari kewarasan dan kesadaran yang tinggi, akan mampu melahirkan partisipasi dan rasa memiliki yang tinggi dari segenap warga Negara-Bangsa.

Negara dan Bangsa ini adalah warisan untuk anak cucu kita, masa depannya akan sangat berpengaruh kepada siapa amanah ini dititipkan.

Artinya bukan milik orang atau kelompok tertentu saja, sehingga semua kita memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam memastikan pemimpin yang terpilih melalui Pilpres dan Pileg ini.

Untuk itu, Negara sebagai institusi harus hadir dalam memastikan pesta demokrasi ini dapat berjalan secara baik, tanpa ada satu pihakpun yang dirugikan.

Sebagai aparatur Negara yang digaji dan ditugasi melayani serta mengabdi untuk Rakyat, utamanya dalam memastikan hak-hak rakyat dapat terpenuhi secara baik dalam kontestasi ini.

Hukum, haruslah menjadi panglima. Para pelanggar harus ditindak tanpa pandang bulu, yang diawali dengan upaya meminimalisir potensi kecurangan dan pelanggaran terhadap pemilu (pemilihan umum) ini.

iklan-bank-aceh