Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket

Girl in a jacket
Daerah

Ismail AS Anak Sangat Hebat

106
×

Ismail AS Anak Sangat Hebat

Sebarkan artikel ini

Oleh: Ust. Ismu Ridha, M.Ag

Aceh Besar, Acehinspirasi.com l Hari Raya Idul Adha yang baru saja dirayakan umat Islam adalah rekontruksi sejarah masa lampau yang diperankan oleh sosok-sosok mulia Ibrahim as, anaknya Ismail as, dan istrinya Siti Hajar as. Salah satu hikmah dibalik sejarah panjang dan pentig yang relevan di tengah-tengah kehidupan umat Islam adalah kualitas iman seorang Ismail as.

Betapa hebat dan luar biasanya Ismail dengan menunjukkan kualitas iman jauh di atas rata-rata. Ismail di usia yang sangat muda dan kecil, tauhid telah terpatri dengan sangat kokoh di dadanya.

Dosen agama Universitas Teuku Umar Dr. Tgk. Ismu Ridha, M.A menyampaikan hal tersebut dalam khutbah Jumat di Masjid Baital Maqdis Seout, Kecamatan Indrapuri, 30 Juni 2023 bertepatan dengan 11 Zulhijjah 1444 H. “Pertanyaan besar yang bisa diajukan dari adegan luar biasa ini adalah, apakah yang membuat Ismail menjadi setegar dan sehebat ini?” ujarnya.

Menurut Ismu Ridha, umat Islam dapat mengkaji, menu apakah yang setiap hari mengisi kepala dan dada Ismail, sehingga dia bisa dengan rela menyerahkan lehernya untuk disembelih ayahnya. Pendidikan seperti apa yang bahkan membuat Ismail juga meneguhkan hati ayahnya agar tidak ragu-ragu melaksanakan perintah Allah. Tentu saja kehebatan Ismail itu bukanlah sesuatu yang instan apalagi sim salabim.

“Sedangkan anak-anak kita sekarang hari-harinya dipenuhi dengan berbagai perilaku memprihatinkan,” tegasnya. Kasus HIVAIDS yang terus meningkat yang menurut data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Aceh menunjukkan sejak tahun 2004 hingga 2023 tercatat sebanyak 2.132 kasus menimpa muda mudi bangsa ini.

iklan-bank-aceh