Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Aceh

POLITIK KEKUASAAN Dalam SISTEM DEMOKRASI Dalam MEMILIH PIMPINAN Yang FATHONAH

297
×

POLITIK KEKUASAAN Dalam SISTEM DEMOKRASI Dalam MEMILIH PIMPINAN Yang FATHONAH

Sebarkan artikel ini

Zaman Reformasi

Praktek teori kekuasaan Machiavelli yang dituangkan dalam karyanya The Prince dan The Discourses juga nampak pada politik zaman reformasi saat ini. Dimana gagasan Machiavelli “siapa yang mempunyai senjata akan mengalahkan siapa yang tidak mempunyai senjata”.

Dalam Platfom politik Indonesia dengan sistem demokrasi saat ini, terlihat jelas siapa yang memiliki modal yang kuat dan media , Maka merakalah yang akan memenangkan percaturan politik atas mereka yang tidak mempunyai modal dan Media. Kondisi ini tentunya memberi ruang yang sempit bagi mereka yang memiliki kompetensi politik yang tinggilah untuk menang, namun kenyataannya mereka jika tidak memiliki senjata modal dan media, maka dia tidak akan mendapat apa-apa. Hal ini dapat dianalisis pada pemilihan umum baik legislatif maupun excekutif setiap kali pesta demokrasi dilakukan.

Tranformasi demokrasi di Indonesia pasca Reformasi 1998. UUD1945 di amandement . beberapa undang-undang di ratifikasi , Reformasi di Tubuh TNI dan Polri. Pemilu dilakukan dengan sistem pemilihan langsung umum bebas dan rahasia. Hak hak rakyat secara azasi terlihat mulai diakui. Namun faktanya platfom demokrasi yang diterapkan di Indonesia bisa dikatakan gagal dalam membersihkan money politik dan korupsi bahkan cenderung mengarah ke demokrasi yang ke blablasan.

Kenapa dikatakan keblablasan karena belum mampu sebuah platfom yang dipakai untuk melahirkan seorang pemimpin yang memiliki nilai kompetensi politik yang kuat. Ini tentunya dapat dibuktikan mulai pada tingkat legeslatif , eksekutif di berbagai daerah sampai ke pusat.