Scroll untuk baca artikel
Girl in a jacket
Aceh

POLITIK KEKUASAAN Dalam SISTEM DEMOKRASI Dalam MEMILIH PIMPINAN Yang FATHONAH

303
×

POLITIK KEKUASAAN Dalam SISTEM DEMOKRASI Dalam MEMILIH PIMPINAN Yang FATHONAH

Sebarkan artikel ini

Metode kampanye, tata cara pemilihan , perekrutan seorang kandidat . telah membuka ruang yang begitu lebar untuk melahirkan politik biaya tinggi. Money politik, dan korupsi yang sulit di kontrol berdampak pada edukasi yang buruk yang dipertontonkan oleh para pemilik modal kuat ( kaum kapitalis ) kepada kalangan awam .

Keterbatasan kalangan awam. yang begitu banyaknya untuk menilai kompetensi politik seorang calon pemimpin justru di manfaatkan oleh pemilik modal dan Penguasa media untuk mempengaruhi mereka dalam mendulang suara.

Maka tidak mengherankan jika seorang pimpinan partai politik juga seorang pemilik modal kuat dan media atau didukung oleh berbagai media dengan gencar dan menggunakan media dalam meningkatkan elektabilitas personality dan partai politiknya. Pembelaan melalui media tidak segan-segan diperlihatkan atas diri dan partainya jika dirundung masalah meskipun tidak sesuai dengan kenyataan. Kasus ini nampak jelas bahwa sifat-sifat normatif dan keagamaan telah bergeser secara signifikan.

Dalam politik kekuasaan , Upaya upaya pebungkaman terhadap kelompok oposisi secara masif dilakukan. Isiu isue sensitif untuk melahirkan paradikma negatif terhadap suatu kelompok semakin tajam dengan arah tujuan memperkuat status quo penguasa untuk mempertahankan kekuasaannya.

Pengaruh kaum oligarky dan negara asing dalam kekuasaan begitu kuat untuk menguasai sumber daya alam bahkan sampai ke upaya mereduksi konstitusi negara untuk mencapai tujuan sasaran dengan alasan investasi. Sementara suara-suara- kaum lemah dan oposisi terabaikan Padahal oposisi itu sendiri dalam negara modern dapat diartikan sebagai chack and balance dalam mengontrol kinerja pemerintahan supaya demokrasi tidak mengarah kepada politik kekuasaan yang mereduksi kedaulatan rakyat.